AMBILAH LANGKAH PERTAMA WALAUPUN JALAN YANG HARUS DITEMPUH RIBUAN MIL JAUHNYA ---> BIG DREAM, START SMALL & ACTION NOW

23 April 2011

Petani Vs Bisnis online, skor 5 - 0

Kali ini saya betul - betul terpengaruh dengan beberapa penawaran bisnis online yang menawarkan hasil sangat bombastis, betapa tidak hanya kerja 45 menit bisa menghasilkan Rp. 30.000.000,- begitulah  bunyi penawarannya, otak saya membayangkan - jadinya berapa milyar yang saya dapat jika saya kerja selama sebulan ? wow..saya bisa beli apapun dan benar - benar akan menjadi milyader. 

mungkin saja diantara pembacapun ada yang berpikiran sama seperti saya ini atau  minimalnya akan bertanya benar ga sih ada bisnis seperti itu di internet ? ... saya tidak punya kapasitas untuk menjawab hal itu, karena dengan sendiri kalau sering membaca artikel disini, pasti akan punya jawabannya. disini saya hanya ingin mengajak untuk  melihat hal ini dari sudut pandang yang berbeda, ...maksudya -  dalam bisnis kita jangan fokus  melihat hasil, tapi fokus terhadap  proses kerja.

Sekarang kalau kita berbicara proses, mestinya kita harus belajar banyak  kepada seorang petani, saya tidak habis pikir mereka ini tidak pernah belajar manajemen waktu, tidak pernah kursus etika kerja, bahkan mereka juga tidak  mengenal manajemen by proses......namun, apa yang mereka lakukan -  petani setiap pagi sehabis sholat subuh dalam kondisi apapun dengan semangat dia berangkat kesawah, bahkan dikampung saya tinggal -tengah malam pun dia harus bangun untuk pergi kesawah untuk memastikan air irigasi mengalir kesawah garapannya, dan ini dilakukan terus menerus tanpa henti ..apakah sorenya harus langsung membawa hasil ?..TIDAK, tiga bulan mendatang baru mereka panen. apakah tidak takut nanti gagal panen karena kena hama? ...TIDAK, kalaupun gagal panen itu sudah takdir, yang penting proses dilakukan - itu kata mereka. Apakah kalau panen gagal petani itu berhenti bertani? ...TIDAK, mereka mulai lagi dari awal ................
tentu saja saya harus mengakui sifat-sifat petani seperti ini, sedangkan kita yang hanya berhadapan dengan komputer saja tidak sedisiplin mereka, tidak sekontinuitas mereka, terburu-buru selalu ingin cepat berhasil, selalu takut gagal, dan sering putus asa jika tidak kunjung berhasil.

Kalau begitu pantas pak tani ini kita jadikan guru besar kita

Demikian semoga bermanfaat.

Salam dari Bisnis Online Area
Start Small & Action Now

No comments:

Post a Comment